ANTARA JAMUR TIRAM FLORIDA DAN TIRAM OSTERN


Mungkin bagi sebagian orang awam atau pemula dalam budidaya jamur belum mengenal jenis jenis jamur, terutama jamur tiram. Seperti yang telah saya jelaskan dalam tulisan saya dulu tentang jenis jenis jamur tiram, tapi semuanya adalah jenis jamur tiram florida, yang membedakan adalah hanya warnanya saja.

Nah, sekarang bukan warnanya yang beda, tapi strukturnya juga beda. Yaitu perbedaan antara jamur tiram florida dan tiram ostern. Jamur tiram florida tudungnya cenderung membentuk payung dan melebar, dan ukuran batang tidak besar. Sedangkan tiram ostern tudungnya menguncup ke atas dan tidak melebar, sedangkan ukuran batang besar dan kokoh, ada yang menyebutnya seperti terompet. Bisa dilihat di gambar di bawah ini.

Jamur Tiram Florida (kiri) dan Jamur Tiram Ostern (kanan)

Tampak bawah

Pengalaman saya, ada pemesan baglog jamur ke petani untuk buatkan baglog jamur tiram jenis ostern, karena pasaran mereka adalah outlet outlet jamur krispi. Karena untuk jamur yang paling baik untuk jamur krispi adalah dengan memakai bahan jamur mentah jenis ostern, karena batangnya yang besar. Ceritanya, ternyata pemesan baglog tersebut tertipu oleh petani karena baglog jamur yang keluar adalah jamur tiram jenis florida. Alangkah kecewanya mereka, akhirnya mereka mencari petani pembuat baglog jamur yang bisa membuatkan baglog jamur jenis ostern. Makanya anda harus hati hati dan jeli memilih petani yang jujur sebelum terlanjur…

15 Balasan ke ANTARA JAMUR TIRAM FLORIDA DAN TIRAM OSTERN

  1. jamur-tiram mengatakan:

    terima kasih atas info jamur tiram ini.
    salam kenal, saya rahmat di bogor

  2. micin mengatakan:

    assalamu’alaikum mas..maaf mau tanya harga jamur ditmpt mas berapa ya??

  3. micin mengatakan:

    assalamu’alaikum mas..maaf mau tanya harga jamur per kg ditmpt mas berapa ya??

  4. Rizal mengatakan:

    terima kasih atas infonya mas
    untuk membedakan struktur kulitnya apa bedanya mas….. apakah sama?

  5. Sutrisno mengatakan:

    Salam kenal mas widy,saya pak sutris dari ngawi jawa timur. Mas kalau saya mau membeli bibit jamur lingzi 2botol saja bisa apa tidak. Berapa harganya berikut ongkos kirimnya. Mohon infonya mas. Tolong balas di email saya trimakasih.

  6. Sutrisno mengatakan:

    Trimakasih mas widy infonya. Saya mau beli bibit lingzi 2botol saja,kalau stok masih ada tlng infonya mengenai cara pembayarannya mas. Suwun. Sutrisno ngawi jatim.

  7. Eka Miftakhul Jannah mengatakan:

    Ass.Permisi mau tanya, kenapa baglog tempat saya tumbuh jamurnya bisa 2-3 bulan, setelah log coklat baru tumbuh, hasilnya pun kalo di total cuma 1,5 sampe 2 ons. saya pake bibit florida.trims.

    • dyanwidyastanto mengatakan:

      Wa’alaikumslam mestinyam baglog yang bagus akan makin putih jika sdah wktunya panen, mungkin kwalitas baglog krang bagus, dan ukuran dan kpadatan baglog juga pengaruh pada hasil panen. Biasaya jamur akan tmbuh skitar 2 mingu stelah pembukaan. Untuk ukuran baglog standar 18×35, bisa panen ambil rata2 aja 4 ons, dengan masa produktif slama 4 bln.

  8. Lukas Teddy mengatakan:

    Salam kenal, dari pengalaman saya selama ini ternyata jamur tiram florida produksinya cenderung stabil, tapi jamur tiram ostern fluktuatif. Jenis ostern seringkali panen banyak waktu pertama panen tapi setelah itu turun terus. Apa itu normal? Saya pakai baglog ostern 1000 hasil pertama 10-16 kg selama 3-4 hari setelah itu turun 3-4kg per hari. Mohon bantuannya, thank’s.

    • dyanwidyastanto mengatakan:

      Saya juga kadang budidaya tiram ostern, tergantung permintaan. Memang awal panen banyak, bhkan sangat bnyak. Menurut saya itu krena jenis ostern besar2, dan awal panen adlah panen yg pling bagus, sehingga pertumbuhannya juga bagus. memang panen ke 2 kwantitasnya berkurang, dari ukurannya juga, tapi tdk terlalu signifikan pnurunannya. Masih bisa 1 ons lebih di panen ke 2. kalo anda ingin panen stabil, buat pembukaan baglog yg bertahap, jngan bareng. Misal 1rb log, buka tiap 100 log selama 10 hari, nanti panen akan bergantian dan pnurunan panen jamur tidak akan sedrastis drastis itu. Kemudian buat tempat pembukaan baru di sisi belakang atau samping ring. Oh ya, perhatikan juga agar kondisi kumbung tetap terjaga ideal utk pertumbuhan jamur

  9. Novrie Anto mengatakan:

    referensinya dpat dari mana mas??
    boleh saya minta??

Tinggalkan Balasan

