Cara Mengawetkan Sayur Jamur Tiram ( part 2)


          Sobat, kemarin saya telah tuliskan bagaimana cara mengawetkan sayur jamur tiram, tapi cuma judulnya aja, hehehe. Nah sekarang, di bagian ini saya akan menjelaskan apa saja yang dibutuhkan untuk mengawetkan sayur jamur tiram. Kita kan tau ( terutama para petani jamur), bagaimana sih cara mengawetkannya!. Di jemur di reik matahari, dimasukin lemari es!, semuanya salah. Yang mau saya jelaskan bukan hanya mengawetkan sayur jamur agar tidak busuk, tapi bagaimana agar kesegaran tampilannya juga terjaga, sehingga sayur jamur bisa dijual dalam waktu beberapa hari kedepan. Kalau dimasukkan ke lemari es, jamur memang tidak akan busuk dalam beberapa waktu, tapi tampilan jamur sudah tidak layak untuk dijual. Nah, yang diinginkan petani jamur kan bagaimana jamur yang misalkan panen banyak, terus pasar tidak bisa menyerap lebih dari kapasitas produksinya, maka jamur harus disimpan untuk dijual besoknya kan! Daripada dibuang, kan rugi!

Berikut ini akan akan saya beritau apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjaga keawetan dan kesegaran sayur jamur! Yang perlu dipersiapkan adalah:

1. Kotak stereoform

Kotak stereoform

Gak usah mahal2, yang penting kotaknya bisa ditutup rapat.

2. Pelepah batang pisang (debok pisang)

pelepah batang pisang

    Bukan batangnya utuh yang dipakai, tapi diambil 1,2 atau 3 lembar.

3. Es batu

Es batu

Es batu buatan sendiri juga bisa kok! yang penting es batu kan!

Nah setelah itu, apa yang harus dilakukan terhadap tiga bahan itu sobat….!

Ikuti tulisan kami selanjutnya ya! hehehe…

2 Balasan ke Cara Mengawetkan Sayur Jamur Tiram ( part 2)

  1. jayan rales mengatakan:

    mana ni kelanjutanya? ada cp bang?

  2. erlita siregar mengatakan:

    Sy punya kamar 3×3 sy mau bdi daya jamur tiram…padang panjang sumatera barat ada koneksinya gk pak…td sy dah cb sms bapak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: